Rabu, 05 Juni 2019

Pengenalan Ms. Excel 2010 Mengenal menu dan Fungsi Menu di Ms. Excel 2010

Ditulis Oleh :

Benni Pransisko

1711140180

www.beni18051997.blogspot.com

Pengertian dan Fungsi Menu Pada Ms. Excel 2010

 Ms. Excel 2010 adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, yang berfungsi mengolah angka dan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom yang berfungsi untuk mengeksekusi perintah.

 Excel banyak sekali fungsi antara lain sebagai berikut :1.  Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik.
2. Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
3. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.
4. Melakukan analisis dan riset harga.
5.Melakukan perhitungan statistika.
6. Membantu berbagai sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan.
7. Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
8. Konversi mata uang.
9. Membuat grafik persamaan matematika, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Menu-menu Ms. Excel 2010

1. Menu Home 

      menu Home merupakan menu standar yang didalamnya terdapat sub menu group yang berada di barisan menu.
  Pada menu home terdapat beberapa pilihan yang berfungsi sebagai berikut :
1. Paste, berfungsi sebagai icon untuk menempelkan objek yang telah di-cut atau copy.
2. Cut, berfungsi untuk memindahkan baris kata dengan bantuan Paste.
3. Copy, berfungsi sebagai menyalin data tertentu dengan bantuan Paste.
4. Format Painter, berfungsi meniru suatu format dan menetapkannya pada data yang dipilih.

2. Group Font

      Menu icon Group Font berfungsi sebagai peformatan seputaran huruf atau angka yang berada pada sel.

3. Group Alignment
      Icon perintah untuk memformat paraghraf data dan sel.

4. Group Number
      Icon perintah yang berguna untuk mengatur data nonor atau angka yang berada dalam sel.

5. Group Style
      Perintah untuk membuat Style pada format sel

6. Group Cell
      Menu perintah pada group ini digunakan untuk perintah seputar properti sel yang terdapat pada lembar kerja.

7. Group Editing
     Icon yang berfungsi untuk menjumlahkan data sel yang di pilih secara otomatis mencari dan mengganti data teks atau angka.


2. Menu Insert 

    Menu Insert berfungsi untuk menyelipkan atau menyimpan objek tertentu kedalam lembar kerja

1. Group Table
     daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas.

2. Group Illustrations
     Berfungsi untuk menyelipkan gambar kedalam lembar kerja

3. Group Chart
     Digunakan untuk memasukan grafik kolom

4. Group Sparklines
     Digunakan untuk memasukan grafik garis pada sel atau lembar kerja

5. Group Filter
     Digunkan untuk memudahkan menyimpan data dalam pivot table

6. Group Link
     Digunakan untuk menghubungkan anda pada file lain, dan menyediakan seamless link pada data komputer komputer lain

7. Group Text
     Digunakan untuk  bertujuan agar pengguna bisa memasukkan informasi berupa teks ke dalam dokumen. Biasanya program yang menyediakan text box adalah dari jenis pengolah kata atau desktop publishing

 

3. Menu Pagelayout

     Menu Page Layout adalah suatu Tab yang digunakan untuk pengaturan tata letak halaman dokumen Excel. Group perintah yang terdapat di Tab ini yaitu :


1. Group Themes
     Berfungsi untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman dan warna hurufnya

2. Group Page Setup
     Berfungsi untuk memberi batas lembar kerja, atau untuk memberi dan mengubah lembar batas kerja 

3. Group Scale To Fit
     Digunakan untuk memntukan skala lembar kerja pada hasil print out

4. Group Sheet Option
     Digunakan untuk menentukan apakah garis pandu pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak.

5. Group Arrange
    Berfungsi untuk menenpat objek pada posisi paling depan
 

4. Menu Formula

  Formulas merupakan menu dimana di dalamnya terdapat fasilitas-fasilitas yang mendukung penggunaan formula (rumus). Didalamnya terdapat submenu group, yang letaknya berada di deretan menu yang terdiri dari:


1. Group Function Library
     Biasanya digunakan untuk membuat fungsi keuangan, matematika, logis, teks, waktu, dan kelopmpok formula lainnya pada formula bar dan fungsi sel lainnya.

2. Group Difined Names
    Untuk mendefinisikan nama sel maupun range, atau membuat sistem penamaan pada sel atau range yang diinginkan.

3. Group Formula Auditing
     berfungsi untuk menampilkan anak panah yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi.

4. Group Calculation
    Untuk melakukan kalkulasi atau perhitungan terhadap serangkaian data dalam suatu range atau sheet dalam workbook yang aktif.

5. Menu Data

     Data merupakan mengurutkan data pada tabel yang tersusun acak berdasarkan kriteria yang anda inginkan dengan cara yang cepat(otomatis). Kita tidak hanya mengurutkan teks atau angka, tapi juga format data lainnya. Untuk mengurutkan data kita memakai group short & filter.


1. Group Get External Data
     Group yang membantu pengguna dalam hal mengambil data dari sumber yang di inginkan atau program aplikasi lain dan di tempatkan pada lembar kerja yang sedang aktif & sedang sedang dikerjakan.

2. Group Conection
     Group yang membantu pengguna dalam hal memperbaharui hubungan antara tiap workbook, sehingga data yang sudah di koneksi terlebih dahulu akan selalu update jika data dari sumber lain diubah atau di baharui.

3. Group Short dan Filter
    Untuk mengurutkan data yang dibuat sesuai dengan keiinginan pengguna. Misalnya abjad A – Z, terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya.

4.  Group Data Tools
    Melakukan Validasi data yang sedang dikerjakan

5. Gruop Outline
   Menggabungkan Beberapa garis menjai satu

6. Menu Review

    Review adalah salah satu penyedia informasi. Didalamnya terdapat sub menu group, yang letaknya berada dibawah deretan menu. Di dalam menu Review terdapat beberapa Group sebagai berikut :


1. Group Proofing
    Digunakan untuk mengontrol speeling dan pengejaan data, mencari data dari berbagai sumber data, mencari arti kata dalam kamus 

2. Group Comment
    Digunakan untuk menyisipkan komentar atau catatan pada sel

3. Group Change
    Untuk memproteksi dan melindungi data baik dalam sheet maupun workbook

7. Menu View

    Merupakan menu yang memiliki fungsi penataan tampilan pada lembar kerja. Menu ini tidak berpengaruh pada data yang ada. Didalamnya terdapat sub menu group, yang letaknya berada dibawah deretan menu. Tab menu View terdiri dari :


1. Group Workbook View
     Berfungsi untuk mengatur tampilan menu

2. Group Show/Hide
    Berfungsi untuk menampilkan/memunculkan garis dan judul halaman pada lembar kerja

3. Group Zoom
    Berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil lembar kerja

4. Group Window
     Berfungsi menjalankan perintah perintah untuk menggunkan jendela yang aktip

5. Group Macros
     Berfungsi merekam dan mengatur videos


 Itulah yang dapat saya sampaikan, kritik dan saran dari pembaca akan sangat mebantu saya untuk menjadi lebih baik lagi......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar