Ditulis oleh :
Benni Pransisko
Autosum adalah rumus di Ms. Excel yang berfungsi untuk menghitung suatu range, average, min, dab max.
Untuk membuat Autosum adapun langkah-langkah sebagai berikut :
1. Pertama buat sel pada Ms. Excel sesuai ketentuan yang di inginkan


3. Setelah menuliskan =sum, selanjutnya masukan fungsi sum dengan format =sum(sel awal;dan sel akhir), pada contoh kita menggunakan =sum(c2;c6), dalam menuliskan fungsi sum perhatikan penulisan koma atau titik koma yang ada dalam rumus fungsi sum, (sesuaikan dengan standar komputer masing-masing). jika sudah selesai maka secara otomatis nilai yang di inginkan akan muncul pada kolom nilai.
2. Jika sudah membuat tabel sesuai di inginkan, langkah kedua yaitu membuat rumus Average pada kolom nilai rata-rata, Dengan memasukan rumus fungsi =Average(angka awal sesuai tabel; angka akhir sesuai tabel), disini saya mencontohkan =Average(c3;f3) maka akan muncul nilai rata-rata di kolom g3. untuk meng menghasilkan nilai rata-rata pada kolom lain, caranya tinggal arahkan kursor pada pojok bawah sebelah kiri, maka akan muncul tanda tambah warna hitam, lalu klik dan tahan sambil di tarik ke arah bawah sampai tempat yang di inginkan.
Average
Sedikit kita mengenal fungsi dari Average yang ada di Ms. Excel yang mana berfungsi untuk menghitung rata-rata nilai, dari sekelompok nilai argumen yang telah di masukan dalam daftar Ms. Excel. Rumus pada excel ini biasa dipakai untuk menghitung nilai rata-rata dari hasil belajar siswa.
Adapun cara membuat rumus fungsi Average, yaitu :
1. Pertama, buatlah terlebih dahulu daftar tabel nilai yang di inginkan.

Sumproduct
Sedikit kita mengetahui apa itu Sumproduct, Sumproduct yaitu salah satu fungsi yang ada pada Ms. Excel yang berfungsi untuk menghasilkan perkalian komponen terkait dalam Array yang diberikan, dan mengembalikan jumlah dari setiap perkalian tersebut.
Contoh rumus fungsi Sumproduct =Sumproduct(array1;array2;array3;....).
Adapun langkah-langkah untuk menggunkan rumus Sumproduct sebagai berikut :
1. Pertama, kita siapkan dahulu tabel pada Ms. Excel
2. Kedua, masukan rumus fungsi pada kolom total yang sudah ada dengan memasukan rumus, saya mencontohkan sesuai tabel =Sumproduct(c4:c8;d4:d8), yang mana rumus ini akan berfungsi mengkalikan hasil dari product tersebut.
3. maka akan muncul hasil total dari seluruh barang yang dibeli..
Fungsi Min
Fungsi Min yaitu untuk menentukan nilai terendah dari sekelompok nilai atau angka yang ada rumus untuk menentukan nilai terendah dari satuan kelompok angka yaitu =Min(angka pertama;angka terakhir) , berikut sebagai contoh untuk menentukan nilai terendah
1. Sama seperti yang sudah, pertama kita siapkan tabel terlebih dahulu pada Excel
2. Setelah sudah membuat tabel dengan nilai selanjutnya buatlah kolom untuk menempatkan letak nilai terendah seperti pada gambar
3. Selanjutnya buatlah rumus fungsi pada kolom nilai terendah dengan rumus(saya mengambil contoh dari gambar) =Min(c2;c10). Maka pada kolom nilai terendah akan muncul nilai terendah yang ada pada tabel yang sudah dibuat.
Fungsi Max
Fungsi Max yaitu menetukan nilai tertinggi yang ada pada suatu tabel nilai/angka yang mana rumus fungsi ini hampir sama cara membuatnya dengan rumus fungsi Min, dimana perbedaan nya hanyalah di fungsi rumusnya yaitu =Max(angka pertama;angka terakhir). Selebihnya cara membuat rumus fungsi max hampir sama dengan membuat rumus fungsi Min.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar